Rabu, 21 Mei 2014

Posted by Fendy 01.05
Siapa yang tidak kenal dengan gajah mada? semua orang Indonesia tahu nama besar Gajah Mada sang Mahapatih Majapahit, orang yang mempersatukan Nusantara. Namun sampai sekarang setelah 7 abad sejak kebesaran namanya berkibar di seantero negeri, tidak ada satu pun orang yang dapat mengungkap misteri asal-usulnya bahkan tentang akhir hidupnya.Bukan saja tentang asal-usul dan kematiannya, tentang strategi politik menuju posisi puncak di Majapahit serta strategi perangnya menguasai Nusantara juga masih menyimpan banyak misteri yang tak terjawab hingga kini. Tidak ditemukan sumber yang dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui asal Gajah Mada dan siapa orang tuanya.Para sejarawan berbeda pendapat tentang asal usulnya sang patih.
Sebagian menyebut bahwa Gajah Mada berasal dari Sumatera, tepatnya dari Minangkabau dengan alasan bahwa kata Mada itu di Minangkabau berarti bandel atau nakal, padahal diJawa tidak ada kata Mada dalam kosa kata bahasanya.Selain itu gelar Gajah juga diambil dari asal nama binatang yang berada di pulau andalas itu. Dugaan ini diperkuat dengan kedekatan antara Gajah Mada dan Adityawarman (pendiri kerajaan Pagaruyung), seorang pangeran Majapahit berdarah Sumatera, diperkirakan Adityawarman lah yang membawa Gajah Mada ke Majapahit. Tapi sebagian lainnya menduga bahwa Gajah Mada berasal dari Bali.Masyarakat Bali mempercayai cerita turun temurun yang menyebut bahwa ibu sang patih ini berasal dari Bali. Ada dugaan lain yang memperkirakan Gajah Mada berasal dari suku Dayak Krio di Kalimantan Barat, merujuk dari kisah nenek moyang suku Krio tentang seorang Panglima besar dayak bernama Panglima Jaga Mada yang diutus ke Jawa Dwipa untuk menguasai tanah Jawa. Sebagian lainya menyebut bahwa Gajah Mada itu berasal dari Mongol. Disebutkan bahwa sang patih adalah salah satu pimpinan pasukan Mongol yang tertinggal.Ketika itu Raden Wijaya (pendiri Majapahit) mengalahkan pasukannya yang berniat menyerang Raja Kertanegara karena telah melecehkan Mongol dengan memotong telingan Meng Khi (utusan Mongol).
Dari semua misteri yang belum terungkap, satu Misteri yang luar biasa adalah tidak diketahuinya secara pasti bagaimana rupa wajah Gajah Mada sampai saat ini.Penemuan terakota pipi tembeb di Trowulan yang disebut-sebut sebagai perwujudan wajah Gajah Mada sampai saat ini juga belum terbukti. Rupa wajah Gajah Mada yang kita kenal sekarang ini juga menjadi polemik dan kontroversi karena sebagian orang menyebut bahwa penggambaran rupa Gajah Mada itu hanya rekaan Moh.Yamin pengarang buku “Gajah Mada Pahlawan Nusantara”.Lihat saja wajah Gajah Mada dan bandingkan dengan wajah Moh.Yamin, sangat mirip.Jadi kemungkinan besar rupa itu hanya rekaan Moh.Yamin yang menjelmakan wajahnya sebagai Gajah Mada.
Dimulai sebagai prajurit biasa menuju posisi Mahapati  sebagai prajurit pengawal raja (bhayangkara). Diceritakan bahwa Gajah Mada itu hanya seorang bekel bhayangkara pada masa pemerintahan Raja Jayanegara.Kemudian terjadilah pemberontakan yang dilakukan para Dharmaputra pimpinan Ra Kuti yang berhasil menguasai kerajaan. Kemudian Gajah Mada berhasil menyelamatkan sang Raja dari para pemberontak. Bahkan  Gajah Mada berhasil merebut kembali kerajaan, membunuh Ra Kuti dan mengembalikan tahta ke tangan Jayanegara. Ini juga menjadi salah satu misteri, bagaimana hanya seorang bekel bhayangkara mampu mengalahkan para pemberontak yang sedemikian kuat hingga bisa menguasai kerajaan kembali.
Atas jasanya Gajah Mada kemudian diangkat menjadi patih di Daha dengan Raja Dyah Gitarja (adik tiri Jayanegara).
Misteri belum berhenti, Kematian raja Jayanegara yang dibunuh oleh Ra Tanca tabib istana, juga menjadi misteri tentang Gajah Mada. Dengan wafatnya raja Jayanegara, Dyah Gitarja kemudian naik menjadi Raja bergelar Tribhuana Tunggadewi.
Peristiwa inu menimbulkan desas-desus dan kecurigaan bahwa pembunuhan Jayanegara memang telah direncanakan Gajah Mada sebelumnya dengan memperalat  Ra Tanca, karena Gajah Mada lebih dekat dengan Dyah Gitarja ketika di Daha dan kematian Jayanegara menguntungkan bagi Gitarja.  ketika Ra Tanca membunuh Jayanegara, tabib itu langsung dibunuh oleh Gajah Mada tanpa dihadapkan ke muka sidang pengadilan. Setelah Gitarja menjadi Raja, kemudian Mahapatih Arya Tadah memberikan jabatannya kepada Gajah Mada.
Pada Masa pemerintahan raja Hayam Wuruk, menjadi masa kejayaan Majapahit dibawah pemerintahan Gajah Mada. Sedangkan Posisi Gajah Mada sebagai Mahapatih, jabatan tertinggi setelah Raja secara otomatis memberinya kekuasaan yang sangat luas dan besar. mengingat Raja hanya sebagai lambang negara sementara Mahapatihlah yang memegang pucuk pemerintahan dan militer. Pada masa itu Majapahit telah menguasai Nusantara, dari Semenanjung Malaya, Tumasik (Singapura), Swarnadwipa, Sambas, Brunei, Bali, Lombok hingga Siam. Supaya bisa menguasai negeri-negeri maritim ini Gajah Mada membangun armada perang yang luar biasa kuat dibawah pimpinan Laksamana nala.
Gajah Mada juga membangun lay out ibukota Majapahit yang nyaris sempurna.
Satu satunya yang mencoreng nama Gajah Mada adalah peristiwa perang bubat. Perang antara majapahit dan kerajaan sunda  walaupun sebagian sejarawan berpendapat ini hanya karangan belanda. Sebab hanya bersumber dari Syair Kidung Sundayana, sementara sumber dari prasasti atau Negarakertagama sendiri tidak menceritakan hal ini. Belanda melakukan ini sebab ingin memecah belah kekuatan Raden Patah (keturunan Majapahit dari Brawijaya) yang bergabung dengan kerajaan Sunda melawan Belanda.Ini juga salah satu misteri Gajah Mada yang tak terungkap.
Tidak juga di ketahui Akhir hayat Gajah Mada. Mahapatoh tidak diketahui mempunyai istri dan keturunan. Juga Tidak diketahui  bagaimana dia mangkat, dimana dikebumikan dan dimana ia menghabiskan sisa hidupnya setelah tidak menjadi Mahapatih.Tidak ada satu pun candi yang didirikan untuk mengenang dirinya. Walaupun banyak prediksi dan perkiraan tentang makam Gajah Mada, petilasan dan lain sebagainya, tapi ini belum juga bisa dibuktikan secara ilmiah.
Sang mahapatih gajah mada, Tokoh besar ini menjadi salah satu misteri besar bangsa ini yang sepertinya tidak akan terungkap.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll