Sabtu, 28 Juni 2014

Posted by Fendy 03.35
Misteri tatasurya memang selalu menarik untuk di bicarakan.  Perdebatan dan penelitian bagaimana terbentuknya tatasurya memang tiada habisnya. Dan baru baru ini para peneliti mengklaim  telah menemukan sejumlah bukti dari proses terbentuknya Bulan. Menurut para peneliti, akibat terbentuknya bulan adalah dikarenakan  sebuah planet yang menubruk Bumi pada kurun waktu miliaran tahun lalu.  Berdasarkan analisis yang dilakukan pada bebatuan yang ada di bulan yang berhasil dibawa oleh Astronot Apollo menunjukan jejak dari planet yang dinamakan Theia.
Seperti yang dilansir melalui BBC, Sabtu (7/6/2014), para ilmuan mengatakan kalau  penemuan mereka semakin  menegaskan sebuah teori bahwa Bulan diciptakan oleh sebuah tabrakan dahsyat.

Teori ini sudah diberlakukan sejak tahun 1980, yang mana teori itu  menerangkan bahwa Bulan muncul sebagai hasil dari tabrakan antara planet Bumi dan Theia sekitar 4,5 miliar tahun lalu.
Theia sendiri adalah  nama dewi dalam mitologi Yunani, yang dikatakan sebagai ibu Selene, dewi Bulan. Pembentukan itu diperkiran adalah hasil dari dampak puing puing kedua planet tersebut yang bergabung menjadi satu.
penjelasan ini adalah penjelasan yang paling sederhana, dan cocok sekali dengan simulasi pada komputer. Tapi Kelemahan utama dari teori ini adalah bahwa, tidak ada seorang pun yang mampu menemukan bukti material Theia dalam sampel bebatuan bulan tersebut.
Pada analisis yang sebelumnya menunjukkan bahwa batuan Bulan berasal sepenuhnya dari Bumi. Sedangkan simulasi komputer menunjukkan bahwa Bulan sebagian besar berasal dari Theia.
Entah benar tidaknya teori ini hanya tuhan yang tahu. Karna tuhanlah yang menciptakan alam ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll