Rabu, 02 Juli 2014

Posted by Fendy 04.02
Tentunya kita tahu yang namanya yakuza. Jika belum tau, yakuza adalah organisasi mafia dari jepang.  Sindikat  Yakuza ini ternyata  punya keunikan sendiri dalam menjalankan kejahatannya, ataupun  memainkan perannya di dalam masyarakat jepang.  Yakuza layaknya organisasi legal yang  memiliki kantor, anggota, dan aturan sendiri layaknya perusahaan yang legal.
Berikut ini sepuluh hal unik dalam organisasi Yakuza.
1. Yakuza dalam perpolitikan
Dalam sejarah Yakuza,  banyak sejumlah pejabat tinggi dan politikus Jepang masuk dalam jaringan Yakuza. Contohnya, Menteri Hukum Jepang, Keishu Tanaka. Tanaka kemudian mundur dari jabatannya pada tahun 2012 karena diketahui menjadi anggota jaringan
Yakuza. Selain tanaka Perdana Menteri pertama dari partai Demokrat Liberal (LDP), Nobusuke Kishi, juga terbukti bagian dari satu organisasi Yakuza terbesar, yaitu Yamaguchi-gumi. Pada 1971, Nobusuke dan sejumlah politikus diketahui  memberikan bantuan sejumlah  uang untuk pemimpin Yamaguchi-gumi yang dihukum membayar ganti rugi atas satu kasus pembunuhan yang dilakukan sindikat. Nobusuke juga biasa menghadiri  pemakaman dan pernikahan sejumlah anggota Yakuza. Partai LDP yang menjalankan pemerintahan selama 58 tahun melakukan pendokumentasian terhadap anggota yakuza.
Ada juga Noboru Takeshita, perdana menteri yang berkuasa pada 1987 ternyata juga bagian dari anggota jaringan Yakuza. Karena banyak mendapat banyak kritik dari oposisi, dia kemudian memilih bergabung kembali dengan Inagawa-kai, yaitu satu dari tiga organisasi pendiri Yakuza. Sedikitnya empat perdana menteri Jepang terlibat di jaringan Yakuza.
2. Ritual Organisasi
Selayaknya sebuah perusahaan yang bonafit, Yakuza juga memiliki struktur kepemimpinan yang kompleks dan memiliki banyak tahapan yang harus dilalui para anggotanya untuk bisa  mencapai puncak kekuasaan. seorang anggota yakuza baru harus melalui ritual perpeloncoan yang disebut sakazukigoto. Dalam perkenalan atau perpeloncona selalu di sajikan minuman Sake, yaitu minuman tradisional Jepang, yang menjadi perekat hubungan di antara mereka. Tata cara minum sake dalam ritual seperti ini menjadi bagian dari penghormatan terhadap keyakinan atau agama mayoritas warga Jepang, yakni Shinto.
3. Tes tertulis
Masih layaknya perusahaan bonafit ternyata menjadi anggota Yakuza tidak semata-mata tentang fisik saja. Tapi kecerdasan otak juga di perhitungkan. tahun 2009, Yamaguchi-gumi, satu dari tiga organisasi pendiri Yakuza, memberlakukan tes tertulis sebanyak 12 halaman. Puyeng juga ya sarat untuk jadi preman.
4. Menggugat dan digugat Yakuza
Walaupun sindikat mafia yakuza  ini sangat ditakuti, tapi tidak berarti tidak ada yang berani melakukan perlawanan. Seorang perempuan pemilik bar telah menggugat pemimpin Yamaguchi-gumi yang paling berbahaya, Kenichi Shinoda. Perempuan ini keberatan dengan aksi pemerasan oleh anak buah Kenichi dengan berdalih uang keamanan disertai ancaman membakar barnya jika tidak membayarnya. Perempuan itu menuntut bayaran 17 juta yen atau US$ 2,8 juta dalam gugatannya. Keren juga ya wanita tersebut.
Jauh Sebelum itu di tahun 2008, sekelompok warga mengusir geng Dojinkai, jaringan Yakuza, dari markasnya di Kota Kurume. Para warga beralasan, bahwa mereka (warga) sepantasnya hidup aman dan untuk itu mereka menuntut gangster itu lenyap dari kota mereka.
Yang unik, Meski mendapat banyak tuntutan hukum, ternyata Yakuza juga pernah mengajukan gugatan lo. Contohnya adalah anggota mafia Yakuza di selatan Jepang, Kudo-kai, mereka tidak terima diberi label "berbahaya" oleh penegak hukum. Mereka dituding berbahaya karena terlibat sejumlah serangan granat terhadap lawan-lawannya. Pengacara mereka berargumen label itu tidak adil dan dianggap melanggar konstitusi Jepang. Walah walah...
5. Tato
Salah satu icon terkenal dari Yakuza adalah tato yang biasanya memenuhi seluruh tubuh mereka. Mereka menggunakan metode tradisional Jepang untuk membuat tato, jadi tidak dengan alat modern, alat tato tradisional dikenal sebagai irezumi. Tato ini sebagai tanda keberanian melawan rasa sakit atas metode pembuatan tato di tubuh. Pada umumnya tato ditubuh anggota yakuza  bergambar naga, pegunungan, dan perempuan.
6. Yubitsume
Anggota-anggota Yakuza yang tidak berhasik menjalankan kerja mereka lakukan dipaksa memotong jarinya. Proses Pemotongan bagian tubuh yang umumnya adalah jari disebut yubitsume. pemotongan pertama bagian badan adalah jari kelingking bagian kiri. Oleh sebab itu banyak anggota Yakuza dikenal dari jari mereka yang hilang bekas dipotong. Serem!!!
7. Majalah Yakuza
Bukan hanya majalah mode atau perusahaan besar aja yang mempunyai majalah. Ternyata yakuza juga mempunyai majalah sendiri. Pada awal tahun 2013 Untuk pertama kali Yamaguchi-gumi menerbitkan majalah untuk sekitar 28 ribu anggotanya. Majalah itu diberi nama Yamaguchi-gumi Shinpo. Tentu saja isi majalah tentang artikel-artikel yang bercerita tentang pengalaman mereka selama mereka menjadi Yakuza. Mungkin majalah ini di terbitkan untuk menambah  jumlah anggotanya yang terus menurun, majalah ini dipandang sebagai cara untuk membangkitkan semangat.
8. Aktivitas sosial Yakuza
Ketika negara Jepang mengalami gempa yang di susul tsunami pada tahun 2011, Yakuza termasuk organisasi yang pertama tiba di lokasi dan memberikan bantuan kepada korban tsunami. Sebelumnya, saat gempa menerjang Kobe, kota terbesar kelima di Jepang, para anggota  Yakuza dengan menggunakan sepeda motor, kapal boat,dan helikopter datang dan mengirimkan bantuan. Oleh aksi sosial mereka sejumlah masyarakat memuji sikap tanggap Yakuza dalam situasi sulit masyarakat, akan tetapi ada juga yang memberikan tanggapan sinis menyebut Yakuza sedang melakukan kegiatan 'pr' (public relations).
9. Membasmi Yakuza
Saat ini Pemerintah Amerika Serikat  mengeluarkan pernyataan untuk menumpas Yakuza sebagai organisasi sindikat kejahatan. Warga Amerika juga tidak lagi mau mengadakan transaksi dengan Kenichi Shinoda, pemimpin organisasi terbesar Yakuza, Yamguchi-gumi. Kenichi terdaftar satu dari tujuh dalang penjahat di dunia. Amerika juga memasukkan bos nomor dua di organisasi mafia itu, Kiyoshi Takayama, dalam daftar hitam dan membekukan semua aset keduanya di Amerika. Langkah ini diambil menyusul Jepang memerangi keterlibatan Yakuza dalam bisnis ilegal di negara itu.
10. Sokaiya
Dalam yakuza ada istilah Sokaiya. Sokaiya adalah nama dari satu bentuk suap dalam jumlah yang  besar dan berskala luas yang selama ini dijalankan oleh Yakuza. Modus operandinya adalah, Yakuza akan membeli saham satu perusahaan yang bisa membuat yakuza  mendapatkan kursi dan mengikuti pertemuan yang dihadiri oleh para pemilik saham. Setelah itu, mereka akan melakukan segala cara untuk mempengaruhi kepemimpinan perusahaan. Kemudian mereka akan meminta uang atau mereka mengancam akan mempermalukan pimpinan perusahaan itu di dalam pertemuan. Dan biasanya taktik Yakuza ini membuahkan hasil.
Demikian sepuluh hal unik dan fakta tentang Yakuza.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll