Kamis, 10 Juli 2014

Posted by Fendy 19.43
Halo agan agan, nggosipin es krim yuuuk?..
Taukan apa itu es krim? Pasti udah pada tau dong!.. tapi teman teman tau ga dari mana Asal Usul Es Krim itu?
Sedikit bocoran nih, kusus yang belum tau aja ya. Benernya Es Krim itu  sudah ada sejak masa Raja Nero yang berasal dari Kerajaan Romawi.  Raja Nero suka nyuruh nyuruh budaknya
untuk mengambil es dan salju di gunung. kemudian, es dan
salju itu disajikan dengn madu dan buah.  Ceritanya kejadian itu sudah dimulai  sekitar tahun 62 Masehi.
di abad ke- 13, Marco Polo, seorang petualang yang paling terkenal,kembali  dari petualanganya dengan membawa resep minuman es dari cina.
Berdasarkan isu dan penelitian, cina memang
terkenal sebagai pembuat resep minuman es, dan minuman es itu disebut dengan nama  Sorbet. Eits jangan salah lo. Entar dikira serbet.
Sorbet diketahui emang merupakan bentuk awal dari es krim.  seiring dengan berjalannya waktu, sorbet berubah menjadi es krim. hal itu terjadi pada tahun 1500-1600-an di Italia, Prancis, dan Inggris. Para juru masak  di negara negara tersebut mencampur es dengan susu. Tempoe doeloe, membuat es krim itu merepotkan pake bingitz lo. Untuk membuat es krim, Es dicari di danau  yang membeku saat musim dingin, kemudian air yang udah membeku dipotong terus disimpan dalam tumpukan jerami yang ditaruh lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. Es disimpan untuk kemudian dipakai saat musim panas.
Berhubung manusia emang jenius, maka pengolahan dalam membuat  es krim pun diolah dengan cara modern, (untuk ukuran jaman itu), dengan mengolah adonan didalam mangkuk besar yang ditaruh dalam sebuah tube yang diisi dengan campuran es yang telah dihancurkan dan garam, yang membuat adonan es krim itu menjadi beku.
Selain cerita tentang marcopolo dengan oleh oleh es krim dari cina, ada cerita lain tentang asal mula es krim diciptakan. Konon bukan om Marko yang bawa resep ini es, akan tetapi es krim yang sebenarnya dibawa dari Cina ke Eropa
oleh King Tang of Shang, yang pada 618-97 SM. King tang menemukan metode pembuatan ramuan es dan susu.
Mungkin pada jaman itu minum eskrim adalah minuman yang paling bergengsi, oleh sebab itu  Dengan berjalannya waktu, resep es krim berkembang menjadi hidangan mewah yang mampu disantap oleh kaum-kaum fashionable Italia dan keluarga kerajaan Prancis. Untuk rakyat jelata cuman denger cerita aja tentang kenikmatan es krim ini.
Walapun ada dua versi tentang pembawa es ini kedaratan eropa,  namun om Marcopolo yang dipercaya membawa resep sederhana es krim ke daratan Eropa dan Amerika. Sejumlah legenda Amerika pun disebut-sebut pernah
menghidangkan es krim untuk tamu-tamunya: George Washington, Thomas
Jefferson dan Dolly Madison, juga Gubernur Bladen of Maryland pada 1700.
Di tahun 1774,  dikisahkan tentang seorang warga London yang suka pesta (kakek buyutnya paris hilton kali ya)  menyelenggarakan sebuah pesta, Phillip Lenzi, mengiklan ramuan es krim-nya di surat kabar New York.
Agan agan yang ganteng dan cantik tau ga seeeh...? Bahwa di balik kelezatan  es krim yang bisa kita nikmati ini, ada sejarah menarik di baliknya.
1. Sebutan
Ternyata sebutan nama es krim itu ada sejarahnya lo.
Nama ice cream itu datang  dari para kolonis Amerika; berasal dari frase kata iced cream.
2.  Kedai es krim pertama di dunia itu pertama kali.dibuka di New York City, pada 1776.
3. Terobosan besar dalam pembuatan es krim menjadi ramuan dasar yang kita kenal sekarang, terjadi ketika ramuan es dicampur dengan garam. Gunanya
untuk menurunkan, sekaligus mengontrol temperatur ramuan. Terobosan ini diperkuat dengan ditemukannya freezer yang terbuat dari ember kayu dengan pedal pemutar.
4. Tahun 1832  Seorang pembuat permen dari Philadelphia, Augustus Jackson, menemukan resep dan metode pembuatan es krim
5.  Seorang wanita asal New.England Nancy Johnson, membuat mesin es krim manual
pada 1846. Dan  Pada tahun 1848, penemuannya ini kemudian dipatenkan oleh William G. Young dengan nama “Johnson Patent Ice-Cream Freezer”.
6. Walaupun penemuan ini sepele tapi ide makan es krim dengan Sendok tidak datang dengan sendirinya lo, ide ditemukan Alfred L. Cralle pada 2 Februari 1897.
7. Sejak tahun 1904  Es krim Conelo ditemukan.

9. Pada 1812 untuk pertama kalinya  es krim dikreasikan menjadi aneka citarasa, dan pertama kalinya
dihidangkan di Gedung Putih sebagai makanan penutup.
10. Freezer yang lebih modern untuk mengawetkan es krim ditemukan Clarence Vogt pada 1926.
Nah teman, itulah seklumit sejarah tentang es krim. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. panjang juga ya sejarah es krim, saya suka pake banget dengan es krim hehehe

    BalasHapus

Popular Posts

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll