Sabtu, 28 Juni 2014

Posted by Fendy 02.43
Selama ini sering ada pertanyaan apakah ada kehidupan lain ditatasurya ini selain Bumi?. Dan setelah planet mars yang sering jadi perdebatan tentang ada apa tidaknya penghuni di mars, sekarang adalagi planet yang menjadi penelitian tentang  kehidupan lain di bumi. Adalah planet Exoplanet, yang merupakan planet yang terletak di luar sistem tata surya. Planet ini tengah  menjadi incaran ilmuwan untuk mengungkap adakah kehidupan di planet ini.
Seperti yang diberitakan Astrobio, Jumat (19/7/2013), para astronom belum mampu untuk memecahkan misteri adakah kehidupan asing di exoplanet. Walaupun begitu , para peneliti ini giat mencari planet yang berpotensi untuk dihuni menggunakan beberapa kriteria.

Kriteria yang diberikan para peneliti adalah menemukan planet yang mirip dengan Planet bumi. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan untuk berburu planet yang memiliki ukuran persis dengan Bumi yang mengorbit di jarak yang tepat dari bintang mereka.
Berdasarkan segala kemiripan dengan Bumi maka Letak exoplanet yang tepat dengan bintang induknya disebut sebagai zona layak huni (habitable zone). Penelitain ini di dukung penuh NASA Kepler.
dari temuan exoplanet tersebut, kabarnya dijuluki planet 'Goldilocks' yang berasal dari dongeng, di mana planet asing tersebut memiliki kondisi yang sesuai untuk mendukung munculnya kehidupan.
Para Ilmuwan juga menjuluki exoplanet yang berukuran lebih besar dari Bumi dengan nam Super Earths. Pencarian mengenai planet kembaran Bumi, planet yang berada di zona layak huni tengah digencarkan para peneliti
Tempat yang layak huni merupakan 'sabuk' di sekitar sebuah bintang, di mana temperatur dianggap tempat yang sangay ideal bagi munculnya air.  Seperti yang kita ketahui Air adalah elemen yang paling  penting bagi kehidupan. Contohnya Bumi yang terletak dalam zona layak huni dengan matahari.
Jika suatu planet terletak di luar area atau zona tersebut, maka  planet akan menjadi terlalu dingin dan beku. Sehingga dianggap, tidak cocok untuk ditinggali mahluk hidup.  Sementara itu beberapa planet yang berada di antara bintang, meskipun masuk dalam zona layak huni, tetapi suhu planet tersebut akan terlalu panas dan beruap.
Sebuah planet yang di beri nama Planet Goldilocks memiliki potensi untuk beberapa jenis kehidupan berlimpah, bahkan mikroba. sebuah studi terbaru mengungkapkan, para peneliti yang berbasis di Exoplanet Science Institute NASA di California Institute of Technology menganalisis lokasi sebuah planet berpotensi yang dinamakan Kepler-69c.
Besar planet ini sekitar  1,7 kali lipat dari ukuran Bumi. Ketimbang disebut Super Earth, planet asing ini dikatakan lebih mirip dengan Super Venus.
"Dalam perjalanan untuk mencari Bumi baru, naza Kepler memberitahu kami banyak hal tentang frekuensi planet yang menyerupai Venus di galaksi kita," kata Stephen Kane, sang peneliti dan penulis utama tentang Kepler-69c yang diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters.
Para ilmuan menginginkan tahu bayak hal mengenai  planet yang berpotensi layak huni. Mereka para ilmuan  juga melihat susunan molekul planet dengan tanda-tanda gas rumah kaca. Diharapkan nanti teleskop luar angkasa canggih masa depan bisa menelusuri tanda oksigen, air, karbondioksida dan metana pada planet asing.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll